Mikrotik tutorial setup and configuration failover load balance mikrotik vpn mikrotik hotspot mikrotik dude user manager dhcp server using script and winbox. Download winbox for windows mac android here..

Cara Setting Limitasi Bandwidth Hotspot Pada Mikrotik

No comments

Cara Limit Bandwidth User Hotspot Pada Mikrotik

 

Cara Setting Limitasi Bandwidth Hotspot Pada Mikrotik
Hotspot adalah area dimana seorang client atau user dapat terhubung dengan jaringan internet melalui media nirkabel/wireless atau kabel. Baik itu berupa PC, notebook, gadget lainnya. Jika kecepatan atau bandwidth total internet yang dimiliki suatu jaringan hotspot tidak terlalu besar dan tanpa ada menagement bandwidth yang sesuai, tentunya kecepatan internet akan menjadi terasa lambat jika user/client yang mengakses internet dalam jaringan hotspot tersebut terlalu banyak. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut diperlukan management bandwidth hotspot mikrotik secara benar.



Kali ini saya ingin berbagi ilmu cara membatasi/limitasi bandwidth atau kecepatan pada jaringan hotspot mikrotik dan sudah teruji dengan hasil yang cukup memuaskan. Tanpa panjang lebar, admin mulai saja step by stepnya.

Limitasi bandwidth akses hotspot mikrotik ada 2 metode :
  1. Built-in limiter – menggunakan parameter rate-limit di server-profile untuk melimit total traffic dari jaringan hotspot sedangkan jika ingin limit per user bisa menggunakan rate-limit di user-profile. Built-in Limitation dilakukan secara otomatis dan mudah tetapi tidak memungkinkan melakukan implementasi HTB. Apa itu HTB???, akan kita bahas dipostingan selanjutnya. 
  2. Custom limitation - menggunakan parameter Incoming-packet-mark dan outgoingpacket-mark pada user-profile. Dengan menggunakan Custom Limitation anda bisa melakukan implementasi HTB dan melakukan limitasi berdasarkan kriteria koneksi yang lebih beragam.

Cara Setting Limitasi Bandwidth pada Hotspot Mikrotik :


Cara Setting Limitasi Bandwidth Hotspot Pada Mikrotik
Rate-Limit pada Hotspot Server Profile

Rate Limit yang diset pada hotspot server profile ini, secara otomatis akan membatasi total traffic pada jaringan hotspot. Jika dilihat pada gambar diatas, besarnya rate limit yang diset pada jaringan hotspot adalah sebesar 1m/1m, yang berarti 1Mbps untuk total traffic upload dan 1 Mbps untuk total traffic Download pada jaringan hotspot tersebut . Untuk hasil limitasi bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

Cara Setting Limitasi Bandwidth Hotspot Pada Mikrotik



Cara Setting Limitasi Bandwidth Hotspot Pada Mikrotik
Parameter Rate-Limit pada Hotspot User Profile
Rate Limit yang diset pada hotspot user profile ini, akan secara otomatis membatasi total traffic yang bisa dicapai oleh masing-masing client hotspot yang berada pada satu group. Pada gambar dibawah ini, client hotspot yang  terhubung dalam jaringan hotspot, mendapatkan total traffic yang bisa dicapai sebesar 128 kbps untuk download dan 128 kbps untuk upload.

Cara Setting Limitasi Bandwidth Hotspot Pada Mikrotik

 

2. Custom Limitation 

Setting pada Hotspot User Profile

Cara Setting Limitasi Bandwidth Hotspot Pada Mikrotik

Parameter Incoming Packet Mark dan Outgoing Packet Mark didefinisikan untuk melakukan penandaan (marking) traffic dari user didalam group tersebut. Incoming Packet Mark melakukan marking traffic upload dan Outgoing Packet Mark melakukan marking traffic download. 

Setting pada Mangle


Cara Setting Limitasi Bandwidth Hotspot Pada Mikrotik


  • Firewall mangle akan secara otomatis dan dinamis melakukan marking packet traffic dari client yang masuk di dalam group (profile). 
  • Dynamic Marking dilakukan di chain Hotspot.  
  • Rule Jump dari Built-in Chain ke chain hotspot diperlukan supaya traffic dari user dapat dibaca di firewall.
/ip firewall mangle add chain=prerouting action=jump jump-target=hotspot
/ip firewall mangle add chain=postrouting action=jump jump-target=hotspot
  • ASUMSI : Network yang digunakan adalah network NAT. Mark-Connection harus dibuat berdasarkan mark packet dynamic dari profile atau dari chain hotspot.
/ip firewall mangle add chain=prerouting action=mark-connection new-connection-mark=conn-group1 passthrough=yes packetmark=group1-in
  • Selanjutnya Mark-Packet bisa dibuat supaya bisa diimplementasikan atau dilimit trafficnya. 
/ip firewall mangle add chain=prerouting action=mark-packet newpacket-mark=packet-group1 passthrough=no connectionmark=conn-group1
/ip firewall mangle add chain=postrouting action=mark-packet newpacket-mark=packet-group1 passthrough=no connectionmark=conn-group1
  • Setelah mark packet dari traffic group1 sudah dibuat maka limitasi bandwidth bisa dibuat di Queue. 


Setting pada Queue Tree

/queue tree add name="0-Hotspot1-total-Upload" parent=[interface public/global interface] packet-mark="" max-limit=2M
/queue tree add name="0-Hotspot1-total-Download"parent=[interface hotspot] packet-mark="" max-limit=2M
/queue tree add name="Group1-total-Download" parent=0-Hotspot1-total-Download packet-mark=packet-group1 limit-at=1M maxlimit=2M
/queue tree add name="Group1-total-Upload" parent=0-Hotspot1-total-Upload packet-mark=packet-group1 limit-at=1M max-limit=2M

No comments :