Mikrotik tutorial setup and configuration failover load balance mikrotik vpn mikrotik hotspot mikrotik dude user manager dhcp server using script and winbox. Download winbox for windows mac android here..

Tutorial Cara Setting PPOE Client Mikrotik RB750 dan Modem ADSL Speedy Untuk Kantor dan Warnet

No comments
Cara Setting Mikrotik RB750 untuk internet kantor maupun warnet - Mikrotik routerboard rb750 merupakan router mini yang sangat cocok digunakan sebagai router internet baik itu untuk warnet maupun internet kantor yang memiliki kapasitas bandwidth/kecepatan internet yang kita sewa dari penyedia layanan internet (misal : telkom speedy, astinet, firstmedia dan lain sebagainya) tidak terlalu besar (Bandwidth Up To / sharing). Banyak sekali fitur yang tersedia pada mikrotik rb750 ini, dan salah satu fitur yang paling sering digunakan yaitu hotspot. Dengan menggunakan fitur hotspot ini, kita bisa memberikan authentikasi pada user yang akan menggunakan jaringan hotspot baik itu untuk user kantor maupun warnet. Media yang dapat dipakai untuk jaringan hotspot ini bisa melalui Wifi/wireless access point dan kabel LAN. Pada postingan ini, admin hanya membahas cara setting mikrotik rb750gl baik itu untuk warnet atau kantor dengan menggunakan layanan internet telkom speedy secara lengkap untuk pemula.


Cara Setting Mikrotik RB750 untuk Internet Kantor dan Warnet dengan Speedy


Dalam setting ini, saya menggunakan vpn yaitu fitur PPPOE dimana mikrotik routerboard rb750 ini diset sebagai ppoe client. Berikut ini step by step cara setting rb750 dengan menggunakan winbox :

Topology



Cara Setting Modem TP-Link ADSL Speedy

1. Login ke Modem ADSL speedy dengan web browser (mozilla, IE, chrome). Default username/password modem adsl admin/admin.
2. Pastikan bahwa kita tidak merubah setingan menu ATM VC yang sudah disetting oleh teknisi speedy. Yang dirubah hanya pada pilihan ISP yang ada pada menu Encapsulation yaitu pilih Bridge Mode. (lihat gambar dibawah)

setting modem adsl telkom speedy

3. Jangan lupa untuk alamat jaringan (network address) LAN modem ADSL (tidak boleh sama) berbeda dengan LAN mikrotik rb750 agar supaya bisa diremote dari LAN mikrotik ketika firewall NAT diset masquerade kesemua interface mikrotik dan DHCP client pada mikrotik diaktifkan.


Cara Setting Modem TP-Link ADSL Speedy

1. Login ke router mikrotik rb750 anda dengan menggunakan winbox (download winbox). Jika router mikrotik kondisinya baru, default username/password admin/kosong dan default ip addressnya 192.168.88.1.
2. Klik menu PPP => tab Interface => Add PPPOE Client

Setting PPPOE client mikrotik rb750

3. Pada jendela New Interface tambahkan add new value, lalu pilih interface yang menuju kearah modem speedy. Dalam percobaan ini saya memilih ether1 (lihat gambar diatas panah no.3)
4. Pindah ke tab Dial Up. Isi beberapa parameter berikut ini :
Service = Nama layanan ( contoh : speedy)
User & Password = Nama user dan password yang dikasih dari speedy (lihat gambar dibawah)
Profile = Pilih default-encryption
Lalu klik Apply => Ok
Lihat statusnya jika connected berarti settingan ppoe client pada mikrotik rb750 sudah benar. Dan sebaliknya jika statusnya disconnected, silahkan cek kembali username dan password pppoe beserta lampu indikator vdsl dan internet pada modem.

Setting pppoe client pada tab dial-up mikrotik rb750

5. Untuk melihat detail ip address WAN speedy caranya klik menu IP => Address (lihat gambar dibawah)

Detail IP WAN Speedy pada mikrotik rb750

No comments :