Cara Setting PPPOE Server dan Client Pada Semua Seri Router Mikrotik

Cara setting pppoe server dan client - Sesuai dengan judul diatas, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara setting pppoe yang benar baik server maupun client dan setingan ini berlaku untuk semua seri router mikrotik baik itu RB750 (GL dan UP), RB450G, RB1100 dan seri lainnya. PPPOE kependekan dari Point to Point Protocol over Ethernet yang merupakan sebuah tunneling yang sering digunakan untuk client sebuah provider internet, baik itu melalui media koneksi DSL, modem, dan kabel. Dan yang harus anda tahu bahwa fitur PPPOE ini dapat dilakukan apabila server dan client berada dalam satu jaringan/network. Sebagai contoh jika anda berlangganan internet dari telkom speedy, entah itu untuk warnet, kantor maupun personal, pasti tunneling yang digunakan adalah pppoe.

Cara Setting PPPOE Server

1. Login ke router mikrotik dengan menggunakan winbox
2. Klik menu PPP => PPPOE Server. Pada kolom Interface, silahkan pilih interface yang terkoneksi keluar/internet. Lalu klik Apply => OK


3. Selanjutnya buat login akses bagi pengguna PPOE Server dengan masuk ke Tab Secrets, lalu tambahkan New PPP Secret. Isi kolom Name dan Password untuk pengguna, untuk kolom service pilih PPPOE dan pilih default pada kolom profil. Silahkan masukan ip address pada kolom Local Address dan Remote Address. Local Address merupakan ip address virtual PPPOE Server dan sedangkan Remote Address merupakan ip address virtual bagi PPPOE Client Nantinya.


Baca :

0 Response to "Cara Setting PPPOE Server dan Client Pada Semua Seri Router Mikrotik "